Friday, June 2, 2017

Cara Mengembalikan Partisi Yang Hilang

Cara Mengembalikan Partisi Yang Hilang




Proses Mengembalikan Partisi Yang Hilang

Kadang-kadang sering terjadi kehilangan partisi pada saat kita menukar sistem operasi dari windows 7 ke windows XP, atau membuat partisi baru menggunakan program default pada windows 7. Hal ini sering tidak asing lagi terjadi. Jangan kwatir kehilangn partisi karena data nya penting-penting semua.... Apalagi di partisi tersebut ada data skripsi, tugas akhir, atau data kenangan terindah bersama si DIA.... he..he... Dan Kemungkinan besar, Insya Allah partisi dan data nya kembali...
Berdoa jangan lupa, mudah-mudahan 100% partisi dan Data anda kembali... 
Tool atau Software yang kita coba gunakan adalah Test Disk, walau masih banyak tool-tool lain nya... Gak ada salah nya kita coba tool ini. Silahkan downlaod disini : TestDisk. atau juga bisa menggunakan Hirens.BootCD.10.6.
Untuk Hirens anda boleh menggunakan Versi ke atas nya. Di dalam Hirens bootCD, banyak sekali tool-tool penting yang tidak sadar ada tool yang kita cari. 
Ok. Langkah-Langkah nya:
  1. Rubah pengaturan BIOS anda, rubah booting nya ke DVD room atau Flash Disk yang menggunakan hirens boot flash disk. ( cara nya tekan F2 / F12 pada laptop dan DEL pada komputer).
  2. Setelah kita masuk ke BIOS (seperti tampilan dibawah ini), kita bisa mulai mengatur urutan proses booting.
 
3. Cari Menu BOOT, jika tidak ada, cari di menu lain yang didalamnya ada keterangan seperti : Boot,   Booting, Boot Order, Boot Priority dan sebagainya.

4. Jika USB Flashdisk sudah dipasang dan BIOS juga mendukung pengenalan USB, seharusnya akan tampil seperti berikut:
 Untuk BIOS tertentu, seperti misalnya AMI BIOS, hanya ada 1st Boot dan 2nd Boot, sehingga mungkin USB Flashdisk tidak akan langsung tampil di pilihan/urutan booting.

 

maka perlu di cek di pilihan lain, masih di menu utama BOOT, disini adalah Hard Disk Drives. Pastikan USB Flashdisk dipindahkan di urutan pertama.




5. Selanjutnya ubah agar Flahsdisk berada di urutan pertama di urutan booting ( biasanya ada keterangan Boot Priority Order, Boot Device Priority dan sejenisnya).
 




6.Setelah selesai, lihat menu Exit dan Pilih menu Exit Saving Changes atau Save Changes and Exit
 
 7. Pengaturan akan tersimpan dan komputer akan restart, selanjutnya komputer pertama kali akan membaca USB Flashdisk.
 NB:
Jika flashdisk sudah dimasukkan tetapi tidak terdeteksi, ada beberapa kemungkinan, seperti: BIOS belum mendukung teknologi untuk mendeteksi USB sebagai media booting. Kemungkinan kedua adalah Flashdisknya mengalami kerusakan atau perlu di set agar USB Flashdisk dideteksi sebagai Hard drives, seperti contoh di atas.

Oke. Tahap Selanutnya cara bagaimana Proses menggunakan Test Disk:

  1. Setelah masuk ke booting flash disk hirens or CD hirens, ada beberapa pilihan. Biar lebih mudah masuk saja ke option " Mini Windows XP " agar lebih mudah dan memiliki tampilan GUI.
  2. Tunggu beberapa saat sampai tampilan windows mini XP bener-bener sudah siap.
  3. Pada TRY ICON di bagian bawah sebelah kanan ada ICON berlambang Obeng dan Kunci (HBCD Menu nama nya).
  4. Klik, pilih Recovery, Pilih TestDisk. Tunggu beberapa saat sampai keluar Windows Command Prompt. Go to link Download

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.