Sunday, March 19, 2017

Cara Menguji Keampuhan Antivirus Pada Komputer

Cara Menguji Keampuhan Antivirus Pada Komputer


Cara Menguji Keampuhan Antivirus Pada KomputerProgram atau aplikasi Antivirus bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi kita sebagai pengguna komputer. Biasanya, paling tidak satu atau dua software antivirus yang berbeda disandingkan dan nongkrong sebagai bodyguard di komputer kita.

Dan tentunya setiap orang memiliki selera tersendiri terhadap software yang satu ini, ada yang suka menggunakan antivirus berbayar ada juga yang suka menggunakan yang gratisan bahkan ada juga yang menggunakan aplikasi berbayar namun di akalin biar gratis :)

Menurut pendapat pribadi saya, secara umum karakteristik pengguna program antivirus ini setidaknya terdapat empat macam user.
Pertama; Pengguna berbayar, mereka menggunakan antivirus yang lisensinya dibeli dari sang developer, baik secara online ataupun dari toko reseller, yang katanya sih fiturnya cukup memuaskan.
Kedua; Pengguna gratis murni, pengguna ini menggunakan software antivirus yang memang digratiskan secara legal oleh developernya. Cukup banyak software antivirus yang tersebar di internet dan bisa kita gunakan secara gratis dan legal.
Ketiga; Pengguna gratis musiman, pengguna ini menggunakan software premium atau berbayar dan lisensinya didapat dari developer, yang membagikannya secara cuma-cuma serta legal melalui momen-momen tertentu, seperti giveaway atau sejenisnya.
Keempat; Pengguna gratis ngakalin, pengguna ini biasanya menggunakan software berbayar dengan menggunakan lisensi yang tidak didapat dari developer, melainkan dari hasil akal-akalan :)

Namun dari keempat bentuk software yang digunakan tersebut, yang manakah yang cukup ampuh? atau semuanya juga dapat berkerja sempurnya?. Untuk melakukan pengujian, kita bisa mengikuti langkah para pakar security dalam menguji cara kerja sebuah software keamanan. Salah satunya adalah EICAR (European Institute for Computer Anti-virus Research).

EICAR merupakan oraganisasi yang memiliki bidang kerja fokus terhadap masalah virus. Dalam menjalankan programnya, mereka menciptakan sebuah standarisasi terhadap antivirus berupa kode standar yang dapat dilakukan untuk menguji cara kerja sebuah antivirus. Berikut ini adalah standar Text Code yang biasa digunakan Oleh EICAR untuk menguji sebuah aplikasi antivirus:

X5O!P%@AP[4PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

Untuk menggunakan Text Code tersebut, kita cukup menyimpannya dalam sebuah notepad.
Cara Menguji Keampuhan Antivirus Pada Komputer

Kemudian kita simpan atau save dengan menggunakan nama file berextensi .com
Cara Menguji Keampuhan Antivirus Pada Komputer

Jika antivirus kita berreaksi terhadap file tersebut, bisa kita asumsikan bahwa program antivirus kita bekerja dengan baik. Namun sebaliknya jika tidak berreaksi, kita harus mempertanyakan keampuhan antivirus kita, terlepas dari berbayar dan tidaknya aplikasi yang kita pakai.

Go to link Download

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.