Wednesday, February 15, 2017

Cara Mengatasi Error E13 atau Error E16 Pada Canon MP258

Cara Mengatasi Error E13 atau Error E16 Pada Canon MP258


Kali ini akan membahas Error E13 atau Error E16 pada Printer Canon MP258.
Kejadian ini mungkin cukup membingungkan bagi yg belum pernah mengalaminya dan sudah sangat sering atau umum untuk printer type canon model seperti ini.
OK langsung saja menuju ke TKP.

Indikasi awal:
Ketika printer dinyalakan, LCD panel menunjukkan angka 1 dan kelihatan OK, tapi setelah di perintah print, maka akan muncul Error E13 atau Error E16 pada MP258 ini. Hal ini dikarenakan Cartridge yang dipakai masih original dan ada tanda warnanya dimonitor atau saat penggantian/melepas cartridge. Bila sudah direset tanda/isi itu akan blank seperti tidak ada warna, hal itu butuh hanya sekali reset dan pada panel diprinternya akan mengindikasikan lampu menyala berkedip secara terus menerus dan itu masih normal setelah menunjukan angka 1.

Berikut gambar yg tampil di layar monitor :





1. Caranya sama : tekan tombol STOP/RESET agak lama sampai LCD panel berputar atau ada suara cartridge bergerak kemudian lepas tombol tsb maka akan cleaning sendiri, namun biasanya indikasi cartridge tersebut bila masih original maka memang harus diisi terlebih dahulu tetapi bila sudah memakai modif langsung Tinta tabung luar maka hanya tinggal menekan tombol STOP/RESET sampai berjalan kembali.

2. Bila setelah saat cetak terus melakukan reset, maka cartridge salah satu atau keduanya sudah rusak atau kemungkinan juga bisa rumah cartridge yang terkena tinta dan konslet. Untuk itu coba dibersihkan kuningan masing-masing cartridge terlebih dahulu, sebisa mungkin pakai cairan khusus cartridge kemudian pasang kembali dan reset kembali, bila tidak pakai cartidge lain dahulu bila normal ganti cartridge bila tidak coba bersihkan juga rumah cartridge.

3. Selesai, printer MP258 yg error E13 atau Error E16 akan normal kembali.

Semoga artikel ini bermanfaat...
Janagn lupa like dan komentarnya ya, bila ada yang bingung silahkan bertanya...
Terima kasih sudah membaca artikel diblog saya...

Go to link Download

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.